Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALAT ALAT UNTUK MEMPERBAIKI KULKAS / MESIN PENDINGIN

 

Alat untuk memperbaiki kulkas antara lain:
  1. Multitester
  2. alat pemotong, pengembang, penutup pipa
  3. Konpor/ brander
  4. Solder elektrik
  5. Peralatan tespen
  6. Perangkat obeng lengkap (satu set)
  7. Seperangkat kunci pas
  8. Cermin gigi (dental miror)
  9. Pompa vakum
A. MULTITESTER
            Untuk memperbaiki mesin pendingin, diperlukan pemahaman tentang bagian-bagian mesin pendingin dan seperangkat alat-alat kerja. Tanpa alat kerja, akan sulit memperbaiki mesin pendingin yang rusak. Oleh sebab itu, siapkanlah seperangkat alat-alat untuk membantu memudahkan anda bekerja. Adapun alat-alat atau perlengkapan yang dibutuhkan sebagai perlengkapan kerja mesin pendingin antara lain sebagai berikut.
image
Multitester atau osiloskop adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan listrik, arus listrik dan besar atau nilai penghambat (resistor). Pada multitester bisa dipakai untuk mengukur voltmeter, amperemeter, dan ohmmeter. Alat ini sangat penting dan serba guna untuk mengetahui keadaan-keadaan, baikarus, tegang-an maupun sambungan-sambungan pada kumparan. Perhatikan gambar multitester di samping!
Multitester dapat dipakai untuk mengetes (memeriksa) secara serba Gambar di ata  Multitester guna. Misalnya untuk mengukur atau Osiloskup.
ampere, voltase maupun sambungan-sambungan yang putus, misalnya pada spoel dinamo dan lain sebagainya. Jangan sekali-kali memutar saklar multitester pada DC volt, jika akan memeriksa voltase AC. Jika menggunakan DC volt maka multitester akan terbakar. Perhatikan langkah-langkah berikut!
Apabila hendak mengukur atau mengetahui seberapa besar voltase atau tegangan AC yang masuk pada motor (dinamo), kita harus mengukur arusnya. Putar saklarnya pada multitester menunjuk pada tanda ACV (AC Volt). Dengan ini kita dapat memperkirakan besar maksimal voltase yang diukur. Besar voltase yang digunakan harus sesuai pada nomor kodenya.
Multitester juga bisa digunakan untuk mengetahui keadaan kumparan pada dinamo, apakah putus atau tidaknya. Multitester juga bisa untuk memeriksa apakah antara kumparan (spoel) yang satu dengan yang lainnya terjadi korsleting (hubungan pendek). Perhatikan pengaturan saklarnya. Saklar pada multitester harus menunjuk pada kode posisi ohmmeter (bagian atas).







2 komentar untuk "ALAT ALAT UNTUK MEMPERBAIKI KULKAS / MESIN PENDINGIN"

  1. Mungkin ada satu lagi peralatan yang harus dibawa dalam perbaikan kulkas, contohnya seperti, alat pengecek freon, agar kita tau apakah freon ac tersebut berkurang atau tidak.

    BalasHapus
  2. Peralatan memang sangat dibutuhkan untuk memperbaikin kerusakan mesin pendingin, sebab tidak adanya peralatan kita tidak bisa bekerja dengan baik.

    BalasHapus