Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sony xperia M hadir sebagai penantang tangguh di kelas menengah

           Bagi penggemar produk sony, nich ada sony x peria yang mantap dikelas menengah, lets go Sony menjadi salah satu vendor teranyar yang kembali melansir produk untuk pasar menengah. Hape teranyar rtu diberi label Xperia M. Produk tersebut diklaim Sony sebagai hape kelas menengah yang menggabungkan tiga keunggulan utama. Pertama, Xperia M diyakini pihak vendor punya kinerja gesit layaknya hape premium. Kedua, produk tersebut memiliki konektivitas yang lengkap. Dan ketiga, Sony merancang hape ini dengan tampilan fisik yang penuh gaya. Jika merujuk kepada ketiga hal tadi, hape yang dilego pada kisaran Rp 2,5 juta ini sepintas punya "amunisi" berkualitas untuk menjadi salah satu smartphone incaran bagi konsumen di kelas menengah. Nah, sebelum Anda memutuskan membeli hape ini, ada baiknya simak terlebih dahulu hasil ujinya berikut, pasalnya belum tentu semua klaim dari pihak vendor sesuai dengan kenyataannya.
Xperia M dirancang Sony dengan menggabungkan keunggulan dari segi performa, koneksi nan lengkap, serta keelokan desain. Dilego pada kisaran Rp 2.5 juta, Xperia M menjadi senjata bam Sony yang layak diperhitungkan untuk bersaing di segmen menengah.
Scan Image 2013-11-04 22-28-24
 
DESAIN SONY XPERIA M
Sektor desain yang diklaim menjadi salah satu daya tank hape ini, menjadi bagian pertama yang akan diuji kelayakannya. Bedasarkan info yang diterima, hape ini punya konsep desain Omni-Balance, yang memfokuskan pada keseimbangan dan kesimetrisan dari segala sisi. Konsep desain ini, sebelumnya sudah digunakan Sony pada beberapa.
tipe X peria, diantaranya sen Z dan a. Konstruksi sepenuhnya terbuat dari plastik, mulai dari panel belakang hingga strip yang menimbulkan efek chrome di sekeliling bodnya. Walau menggunakan material plastik, namun dengan proses peryetesain akhir yang rapi, membuat tampilan X peria M tetap teriihat eLegan.
Menelusuri area depan, hanya terdapat layar berukuran 4 inci. Bentang layar tersebut sudah cukup pas, karena user tetap nyaman mengeksplor display walau hanya dengan satu tangan. Untuk menjaga keamanan, layar tersebut sudah dilapisi Scratch-resistant glass. Tepat di bawah layar, terdapat 3 soft keys yakni: Back, Home, dan Task. Bodi belakang dibuat agak sedfcrt tebal pada sisi atas dan bawah, sehingga memberi efek lekukan pada area backcover. Lekukan di area belakang, memberi sensasi tersendri ketika tangan ini mengenggamnya. Selain itu, material doff yang membungkus bodi belakang, membuat hape tidak mudah tergeinar dari genggaman.
Untuk port dan tomboi terkonsentrasi pada area sisi. Di wilayah sisi-sisinya terdapat port muftrfungsi, tomboi volume, power, hingga shooter kamera. Sementara itu, lensa kamera, lampu flash, hingga corong speaker tertanam di bodi belakang. Sedangkan slot SIM card, dan eksternal tertanam di balik bodi belakang. Periu diperhatikan, membuka cover bodi ini sedikit sulit, karena desainnya begitu rapat. Untuk membuka cover, user perlu sedikit mendorong lensa kamera. Hal ini menjadi salah satu nilai minus Xperia M dari segi desain, pasalnya jika tidak hati-hati lensa kamera bisa tergores.
fitur SONY XPERIA M
Xperia M menggunakan Android 4.1 Jely Bean. Untuk menarik perhatian kortsumen, tampilan di layar menggunakan Ul khas Sony yang teriihat atraktrf. Bergeser kebagian koneksi. Sesuai klaim pihak Sony, Xperia M punya keunggulan dari segi koneksi yang lengkap. Sony membuat Xperia M da lam dua varian berbeda, yakni versi single card dan dua on GSM. Redaksi HandPHONE kebetulan menguji Xperia M versi single 3rd. Koneksi selular hape ini, berjaian di jaringan Quadband GSM (850/900/1800/1900) dan Dualband HSDPA (900/2100). Kemampuannya berjaian di jaringan HSDPA. membuat hape ini terbilang gesit saat digunakan browsing internet Masih terkait koneksi. Sebagai koneksi data altematif, Xperia M sudah dibenamkan WiFi. Perangkat WiR tersebut, punya kemampuan thetering dan WiFi Direct. Koneksi lain yang ada di hape ini di antaranya, DLNA, Bluetooth v4.0 dengan A2DP ANT+. Tidak berhenti sampai disitu, koneksi Xperia M sudah disematkan teknologi NFC. Teknologi NFC, menjadi koneksi andalan yang membedakan Xperia M, dengan hape lain yang bersaing di kelas menengah.
Sektor kamera Xperia M dibangun berdasar modul yang sama dengan kamera digital besutan Sony. Kamera tersebut punya lensa utama 5MP, plus kamera pendukung setingkat
VGA untuk keperluan video call. Kamera Xperia M sudah dipersenjatai sensor Exmor RS. Hadimya sensor Exmor RS, membuat hasil jepertan Xperia M diklaim pihak vendor tidak kalah dengan kualitas foto smartphone kelas atas.
Masih terkait dengan menu imaging. Kehadiran tombol shutter fisik, membuat user lebih nyaman saat mengambil foto. Asiknya lagi, tombol ini juga berfungsi sebagai shortcut untuk langsung menuju fitur kamera, bahkan ketika hape dalam keadaan terkunci. Selain itu, menu kamera di Xperia M sudah dilengkapi fitur s*nuttaneous photo-video capture, yang berarti pengguna bisa merekam video sambil memotret foto dalam waktu bersamaan Sebagai hiburan musik, sudah pasti konsumen bisa menikmatj fasilitas walkman player. Pemutar musik legendaris dari Sony ini, punya performa yang tidak perlu diragukan lagi. Saat mendengar musik tanpa bantuan headset, audio cukup bertenaga, padahal posisi lubang speaker berada di bodi belakang. Ketika memutar lagu dengan volume penuh, audio tidak pecan. Sebagai menu tambahan, sudah tersedia fasilitas FM radio.
Layaknya hape berbasis Android, Xperia M dipenuhi berbagai aplikasi andalan, khas OS beriambang robot hijau itu. Salah satunya aplikasi Android yang layak dicoba, yakni menu navigasi. Dengan dukungan akurasi peta dari Google, menu ini sangat membantu user saat ingin menuju tempat yang lokasi belum diketahui. Xperia M sudah dibenamkan aplikasi Office Suite Pro. Sayang saat coba digunakan, aplikasi kantoran tersebut belum bersifat penuh, user hanya bisa membaca file Word, Excel, PPT. dan PDF. Aplikasi kantoran itu memang bisa upgrade menjadi full version, tapi tetap saja cukup merepotkan, karena proses unduhnya memakan waktu.
 
Desain Full bar SONY XPERIA M
Dimensi 124 x 62 x 93 mm, BERAT : 115 gram, Sistem Operasi Android 4.1 (Jelly Bean), Ringtone MP3, Jaringan 3G HSDPA, Prosesor Dual-core 1 GHz Krait, GPU Adreno 305
LAYAR
Jenis Kapasitif, Ukuran 4 inchi, Resolusi 480 x 854 pixels, Screen Density 245 ppi pixel density
MEMORI
RAM 1GB, Internal 4GB, Eksternal Ada, Sampai 32GB
KONEKTIVITAS
Selular Ada, 7 Speed HSDPA, 21, Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, WiFi Ada, WiFi 802.11 bight, Bluetooth Ada, v3.0, Port USB, jack audio 3.5mm
Scan Image 2013-11-04 22-19-33
KAMERA Kamera belakang Resolusi max Kamera Depan LED Flash Fitur, Video record, 5Mpix, 2592 1944 pixels, VGA Ada Geo tagging, touch focus, image stabilization, HDR, panorama Resolusi Max 720p©30fps.
MULTIMEDIA
Aplikasi Music, Video Player, voice, recorder, FM Radio, Browser Ada, Android Browser, Chrome Aplikasi kantoran Ada PIM, Cakulator.Color Note, Jam, Kalender, Alarm Push Email Ada.
BATERE
Tipe Li-Ion, Kapasitas 1750 mAh, Talk time 9 jam, Standby time 454 jam
Kamera utama dengan kekuatan lensa 5MP, terbilang tidak istimewa. Namun, Sony yakin kualitas foto Xperia M, tidak kalah dengan kompetitor di level yang sama. Bahkan, Sony optimis hasil jepretan Xperia M tidak kalah dengan smartphone kelas atas, pasalnya kamera di hape ini sensor Exmor RS. Teknologi sensor Exmor RS sendiri, selama ini memang banyak dipakai untuk smartphone kelas atas, terutama buatan Sony.
Ketika mengambil foto di dalam ruangan dengan cahaya normal dan tanpa bantuan flash, kualitas hasil foto sejatinya cukup baik. Tapi perlu diperhatikan, saat mengeksekusi, pastikan tangan bertumpu pada suatu bidang agar tidak goyang. Seandainya ingin mengambil foto dalam ruangan dengan bantuan flash, objek tidak boleh terlalu dekat. Jika objek terlalu dekat, hasil foto akan over, karena lampu flash di hape ini punya cahaya yang terpusat, tidak menyebar.
Kendala tidak banyak dijumpai saat mengambil foto di luar ruangan dengan situasi cahaya cerah. Dengan seting normal, hasil foto begitu tajam, layak bersaing dengan kamera di hape kelas atas. Adanya tombol shutter fisik, membuat aktifitas mengambil gambar semakin nyaman. Fasilitas auto fokus punya respon yang cukup gesit, dan jika ingin hasil foto lebih maksimal lagi, user bisa mengaktifkan fitur HDR.
image
KINERJA:
Dari segi tampilan dan fitur, apa yang ditawarkan X peria M sudah cukup mumpuni untuk bersaing di segmen menengah. untuk mendukung kinerjanya handphone ini dilengkapi dua inti pokok prosesor, Prosesor tersebut menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227 dengan dodtspeed 1GHz, plus RAM 1GB.
Bekal chipset Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227 yang tergolong masih anyar untuk bersaing di kelas menengah, ternyata punya performa cukup memuaskan. Setidaknya Xperia M bisa menjalankan berbagai fungsi dasar sebuah smartphone dengan mulus. Saat membuka internet fitur multi tab bisa membuka laman page hingga 99 tab. Berbicara penyimpanan data, dari 4CB memori internal yang disediakan, pengguna hanya dapat memanfaatkan 2.05GB, sementara sisanya telah digunakan untuk sistem. Untuk eksternal memori bisa dijejali data hingga 32GB.
Sony membenamkan baterai Lithium Ion bermuatan 1750 mAh ke tubuh hape ini. Karenanya, daya hidupnya bisa bertahan stand-by hingga 552 jam dan 10 jam talktime. Untuk menjaga daya tahan hidup baterai lebih awet, lebih baik atur ke mode STAMINA. Bila diaktifkan, Anda tetap bisa menerima panggilan telepon dan SMS. Dalam keadaan baterai terlanjur habis, tenang saja, tinggal aktifkan mode Low Battery.
FITUR APLIKASI SONY XPERIA M
image 
LAYAR SONY XPERIA M: Untuk hape kelas menengah, ukuran layar 4 inci sudah sudah cukup pas Layar tersebut punya kerapatan 480 x 854 pixels, plus density 245ppi. Dengan spesifikasi tersebut, tampilan di layar tergolong biasa saja. Sementara dari segi performa, layar Xperia M punya respon cukup sensitif terhadap sentuhan jemari. Layarnya sendiri bisa diakses secara multitouch dengan 4 titik sentuhan.
MUSIK SONY XPERIA M: Saat diuji mendengarkan musik tanpa bantuan headset, output suaranya memang berkualitas. Untuk menunjang kualitas audio, terdapat setting equalizer pop, rock, jazz, soul, easy listening, bass boost, treble bost, dan uique. Selain itu kita juga bisa menseting equalizer secara manual, sesuai dengan keinginan user. Tersedia juga fitur ClearAudio+ untuk mengurangi tingkat noise saat memutar musik.
NFC : Walau membidik kelas menengah, Xperia M dipersenjatai perangkat NFC yang selama ini tersemat di hape level premium. Selaian bisa digunakan berkirim data, NFC juga bisa digunakan sebagai sarana penghubung dengan sejumlah perangkat dari Sony yang memiliki fitur NFC. Contohnya, user bisa mendengarkan musik pada Bluetooth speaker Sony hanya dengan menempelkan Xperia M ke speaker tersebut.
INTERNET SONY XPERIA M:Perangkat koneksi data yang disediakan sangat lengkap. Jika menggunakan jaringan selular, bisa ngebut browsing internet hingga kecepatan 3G HSDPA. Untuk aplikasi browser, user bisa menggunakan Google Chrome, atau peramban bawaan Android. Saat membuka internet, sebaiknya maksimalkan fitur multi tab. Adanya fitur multi tab, user bisa membuka laman page hingga 99 tab.
PLAY STORE SONY XPERIA M: Beragam konten berupa aplikasi, theme, wallpaper, atau game dapat Anda unduh melalui toko aplikasi Play Store.Ratusan ribu konten dapat dengan mudah Anda akses karena sudah tersusun sesuai dengan kategorinya masing-masing. Kemudahan tersebut ditambah lagi dengan adanya konten unggulan pilihan seperti top paid, top free, top grossing, top new paid, top new free dan juga trending konten.
YOUTUBE SONY XPERIA M: Bagi Anda yang gemar streaming video dapat menggunakan aplikasi Youtube yang sudah tersedia di dalam hape ini. Hasil gambar dari video yang diputar terlihat sangat jernih. Anda secara otomatis akan log in apabila email Youtube yang Anda gunakan sama dengan email pada akun google di hape. Beragam kategori video dapat Anda pilih melalui aplikasi ini.
SONY SELECT SONY XPERIA M: Selain Play Store, pengguna Xperia M akan mendapat fasilitas toko diaplikasi tambahan bawaan Sony. Toko aplikasi tambahan itu diberi nama Sony Select. Toko virtual ini cukup eksklusif karena menyediakan berbagai konten menarik, aplikasi, serta layanan berbeda dari biasanya. Dan satu yang terpenting, Sony Select hanya menyajikan konten yang 100% dijamin bisa bekerja di semua perangkat Xperia. Untuk memudahkan aktivitas belanja, user bisa mengakses semua konten dalam satu tampilan. Jika sudah bosan berburu aplikasi di Play Store, toko digital Sony Select layak dijadikan tempat belanja alternatif berbagai konten menarik, untuk memaksimalkan performa Xperia M kita.
XPERIA LINK SONY XPERIA M: Xperia Link merupakan aplikasi unik bagi pengguna Sony untuk berbagi akses internet. Awalnya, aplikasi ini hanya ditemukan pada seri tertentu, belakangan Sony menanamnya pra-instal pada smartphone atau tablet Sony ber-Android 4.0 ke atas, dan komputer ber-Windows 8. Menurut deskripsi aplikasinya, Xperia Link dukung perangkat ber-Android 2.3 ke atas yang punya kamera auto-focus. Jadi, kalau smartphone Sony-mu generasi lama tapi memenuhi syarat tersebut, tetap bisa nih manfaatkan Xperia Link. Cara setup-nya simpel, user tinggal sentuh Xperia Link, lalu ketuk Setup. Begitu jendela terbuka, arahkan kamera ke kode QR di tablet atau komputer. Selanjutnya masing-masing perangkat akan saling mengoneksikan diri via Bluetooth.
 
 













































Posting Komentar untuk "Sony xperia M hadir sebagai penantang tangguh di kelas menengah"