Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Mengganti Ban Mobil yang Benar

Bagaimana cara mengganti ban mobil yang benar? Ban Serep adalah sebuah nama untuk ban cadangan pada mobil dimana saat ban mobil bocor bisa langsung diganti. Lalu bagaimana cara mengganti ban mobil sendiri? tentu harus bisa sendiri, apalagi jika dalam keadaan darurat. Nah, bagi pemiliki mobil yang belum lama memiliki mobil, biasanya masih bingung dalam menyopot ban atau mengganti ban serep.

Mengganti ban mobil juga bagi sebagian orang menganggap gampang, terlebih merasa alatnya telah lengkap. Tetapi apakah anda tahu ada prosedur yang benar agar lebih efisien dan tidak mengeluarkan banyak tenaga sia-sia. Atau sekalibun bisa mengganti ban mobil, hasilnya tidak nyaman karean tidak sesuai dengan pemasangannya yang benar.

Cara mengganti ban mobil perlu diketahui tidak hanya untuk para mekanik bengkel tetapi juga penting bagi pemilik mobil agar lebih peka terhadap barang miliknya. Perlunya pengetahuan tentang cara memasang ban yang benar untuk semua pemilik mobil karena biasanya mau tidak mau pastinya kita akan mengalami ban kempes atau bocor ditengah jalan yang memaksa kita untuk mengantikan ban sendiri. Lalu bagaimana cara mengganti ban serep mobil?

Cara Mengganti Ban Mobil yang Benar

Cara Mengganti Ban Mobil


Berikut kita coba memberikan cara mengganti ban mobil yang benar sesuai dengan standart operasional penggantian agar hasil pemasangan lebih nyaman dan tentu aman :

1. Hal yang pertama perlu ada cek adalah ketersiapan alat, seperti dongkrak, kunci T untuk membuka baut, dan tentu tersedianya ban serep
2. Untuk memulai penggantian, Angkat bagian mobil yang ingin diganti bannya dengan dongrak sehingga posisi ban yang akan dicopot sudah naik di atas tanah.
3. Kendurkan baut yang berjumlah 4(biasanya) atau jika mobil besar bisa berjumlah 6.
4. Copot baut sampai velg bisa terlepas, dan tarik untuk mengeluarkan ban.
5. Siapkan ban pengganti. Pastikan tekanan angin sesuai rekomendasi .
6. Pasang ban pengganti dan kencangkan bautnya. Cara mengencangkan baut harus pada posisi bersilang. Jilka baut pertama yang dikencangkan adalah nomor satu maka berikutnya nomor tiga. Seterusnya baut nomor dua dan berikutnya empat.
7. Kencangkan baut secukupnya dahulu. Setelah itu, guncang-guncang pelek untuk mengetahui apakah tingkat kekecangan baut sudah sama.
8. Setelah dirasa sudah sama, kencangkan semua baut dengan tingkat kekencangan baut sama
9. Kemudian turunkan ban dengan mengendurkan dongkrak. Dan kemudian kencangkan baut hingga benar-benar deadlock.
10. Setelah itu lakukan tes jalan maju mundur untuk memastikan pemasangan ban telah sempurna.

Mudah kan? tetapi ada salah satu poin yang kadang terlupakan pemilik mobil adalah, sering mengencangkan baut tanpa mengguncang sehingga jika salah satu baut tidak sama kekecangannya, akan berisiko tidak nyaman dan aman dalam berkendara. Laju mobil akan terasa goyang.

Lihat Juga Harga Bekas Sedan Honda Civic

Demikian Cara Memasang Ban Mobil yang Benar, semoga bisa memberikan manfaat bagi anda yang ingin mengetahui cara mengganti ban mobil yang benar. Salam.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Mengganti Ban Mobil yang Benar"