Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOMPONEN MESIN PENDINGIN KULKAS KE DUA (DINAMO KULKAS)

             Dinamo merupakan komponen mesin pendingin (kulkas) yang berfungsi penggerak kompresor. Lihat Gambar 2 di bawah ini.

image

Dinamo disebut juga elektromotor atau motor listrik. Dinamo ini digerakkan oleh tenaga listrik. Jika dinamo ini rusak, semua rangkaian alat pada mesin pendingin tidak akan berfungsi. Dinamo yang digunakan untuk penggerakan kompresor mesin pendingin (baik kulkas maupun AC) memakai sistem empat kutub. Artinya, tenaganya diperlukan arus bolak-balik. Dinamo yang menggunakan arus bolak-balik memiliki bagian konstruksi sebagai berikut:
a. rotor
b. sepatu kutub magnet
c. kumparan awal
d. kumparan putar
e. stator
image
(gb. Bagian bagian dari dinamo)
Dinamo yang menggunakan sistem empat kutub ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang menggunak< dua kutub. Pada dinamo empat kutub, gerakan putarannya lebih stabil dan tenang serta tenaga putarannya maksimal (kuat).
Rotor pada dinamo merupakan suatu perangkat yar bisa bergerak bila mendapatkan aliran listrik. Stator merupakan bagian dari dinamo yang tetap (tidak bergerak). Bagian la yang tidak bergerakadalah kumparan dan sepatu kutub magnet.
Pada dinamo terdapat delapan buah kumparan. Emp< buah kumparan itu terdiri dari kawat nikelin (kawat tembag berisolasi) dengan kumparan agak kecil, sedangkan yan empat kumparan terdiri dari kumparan kawat yang lebih besa Empat buah kumparan yang terdiri dari kawat berdiamete agak kecil disebut kumparan awal (spoel awal). Satu kumparan dengan lainnya saling berhubungan kareni dihubungkan dengan kawat tersebut. Kumparan ini berfungs untuk membangkitkan gaya magnet ketika dinam< mendapatkan tegangan arus listrik. Jika rotor bergerak, mak< kumparan awal tersebut memutuskan diri dari kontak arus sehingga daya kerja berikutnya dilanjutkan oleh empa kumparan putar.
Kumparan awal yang berfungsi sebagai pembangkit atau penguat magnet akan putus kontak. Dengan sendirinya poros atau rotor berjalan. Selanjutnya, digantikan dengan empal kumparan putar. Hal ini terjadi secara otomatis. Lihat Gambai 2.4 berikut ini!














Posting Komentar untuk "KOMPONEN MESIN PENDINGIN KULKAS KE DUA (DINAMO KULKAS)"