Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat Layar Sentuh di Gagdet Kesayangan Anda

           Keberadaan layar sentuh alias touchscreen telah merasuk di beragam gadget dan menjadi salah satu komponen penting dalam feature phone, smartphone maupun tablet. Bila awalnya layar sentuh terkesan ringkih dan mudah rusak, belakangan para vendor papan atas melengkapi layar sentuh untuk gadgetnya dengan teknologi pelapis anti gores, seperti Corning Gorilla Glass. Tapi lepas dari itu, ada beberapa hal yang cukup prinsipil dalam memperlakukan layar sentuh di gadget. Agar gadget Anda awet dan layar selalu tampil prima, maka Anda perlu mengetahui perlakuan yang pas pada touchscreen.
image
1. Jauhkan dari sinar matahari
Meski dalam perkembangan ada layar sentuh dengan teknologi AMOLED yang adaptif untuk kondisi outdoor. Tapi untuk menjaga keawetan layar, sebaiknya hindari gadget Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Sebab hal tersebut dapat merusak kualitas layar LCD.
2. Voltasa Yang Tidak Stabil
Tegangan yang tidak stabil, terutama pada saat proses charging jelas punya dampak negatif pada perangkat elektronik, begitu pun dengan gadget. Bila lambat laun tegangan voltase listrik tidak stabil, akan merusak kualitas LCD.
3. Jangan Menyimpan di Kantong Calana
Bagi Anda yang belum melengkapi gadget layar sentuh dengan lapisan anti gores, maka hindari menyimpan gadget pada saku celana, karena hal ini dapat menyebabkan layar LCD akan tergores dan cepat rusak.
M. Gunakan Lapisan Anti Goras (Scraan Guard)
Screen guard lebih populer sebagai elemen asesoris, tapi perannya cukup penting untuk menjaga keawetan layar dari ancaman goresan dan terpaan sinar matahari. Screen guard kini ada empat jenis yang ada dipasaran, yakni:
a. Transparan
Keunggulan dari anti gores ini sangat baik jika Anda gunakan pada siang hah, karena lapisan plastiknya yang bening sehingga anda cukup dengan tingkat kecerahan yang relatif rendah saja, sehingga mampu menghemat baterai.
b. Anti Glare
Fisiknya hampir mirip dengan anti gores transparan. Namun anti glare memiliki banyak keunggulan yang diantaranya adalah mampu melindungi screen dari goresan debu, melindungi jejak jari anti gemblung, anti silau matahari dan anti minyak.
c. Anti Spy
Anti spy merupakan anti gores yang hanya bisa di lihat lurus 90 derajat, sedangkan orang yang ada di samping kita tidak'akan bisa melihat.
Kelemahan dari anti spy adalah kita harus mengatur tingkat kecerahaan pada gadget kita semaksimal mungkin. Hal ini juga akan berakibat borosnya batere pada gadget anda.
d. Mirror
Anti gores jenis ini hampir mirip dengan anti spy. Bedanya anti gores mirror mempunyai warna dasar silver. Kelebihan dari anti gores ini selain digunakan untuk menghindari goresan pada layar, anti gores ini juga mampu menjadi kaca. Anti gores miror juga memiliki kelemahan, ketika layar tergores dan terpancar sinar matahari akan merusak tampilan gadget.
5. Gunakan Jari Dengan Baik
Saat mengoperasikan gadget sebaiknya Anda menggunakan jari, kecuali perangkat pintar Anda itu memang dilengkapi stylus pen. Jangan menggunakan kuku atau bahan tajam lainnya karena dapat merusak


















Posting Komentar untuk "Merawat Layar Sentuh di Gagdet Kesayangan Anda"