Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga V Belt Motor Matic Terbaru dan Tanda-tanda Penggantian

Berapa Harga V Belt Motor Matic Mio, Mio Soul, Vario, Nouvo, Xeon, dan PCX? Motor matic merupakan salah satu pilihan favorit masyarakat saat ini karena lebih praktis dalam penggunaan dan perawatan. Meski begitu, tentu perawatan itu penting. Performa kendaraan motor matic sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita merawatnya. Salah satu komponen yang harus diperhatikan pada motor matic adalah V-belt.

V-belt berfungsi untuk meneruskan putaran pulley dari putaran mesin menuju pulley yang mengegrakkan roda belakang. Jika dibandingkan dengan motor transmisi manual yang menggunakan rantai, bisa dibilang motor matic lebih minim perawatan. Jika rantai harus sering dilumasi, terlebih lagi mudah kendor dan harus dipotong, namun jika V-Belt kalau rusak harus langsung diganti. Nah dengan kondisi V-Belt yang tertutup terkadang kita menggunakan V- belt dengan kondisi tertutup oleh cover, harus jeli merasakannya. Apakah perlu diganti atau tidak.

Lalau apa tanda-tanda yang menunjukkan waktunya harus mengganti V Belt? Tanda-tanda V Belt harus diganti biasanya menimbulkan getaran  ketika sedang berjalan. Masa pakai v-belt tidak hanya berdasarkan kilometer yang ditempuh tapi juga beban kendaraan. Bila pemakaian sudah melewati batas maksimum, biasanya V-Belt akan mengalami retak-retak yang mengakibatkan getaran berlebih. 

Jika mengacu pada buku panduan, beberapa motor matic memberikan batas maksimum pemakaian V Belt antara 22.000 - 25.000 km. 

Penyebab V-Belt Diganti 


Penyebab yang mempengaruhi kerusakan V-belt :
1. Life Time, atau umur pakai sudah melewati kilometer yang ditentukan
2. Frekuensi penekanan rem lebih banyak saat motor masih melaju
3. Terlalu sering membawa beban berat, lihat buku panduan maksimal beban. Jika sering melebihi akan mempengaruhi keawetan v-belt.
4. Motor diganti Ukuran ban yang tapaknya lebih lebar atau diameter lebih lebar

Harga V Belt Motor Matic Terbaru


Ada baiknya pengecekan V-Belt dilakukan secara berkala setiap 3 bulan sekali untuk memprediksi penggantian V-Belt. Lalu berapa budget yang harus kita siapkan saat penggantian?

Berikut ini kita coba paparkan harga V-Belt Matic untuk beberapa merk dan Jenis motor matic

Harga V Belt Motor Matic Terbaru 


Harga V Belt Mio 115 CC : Rp. 63.000
Harga V Belt Mio Soul 115 CC : Rp 62.000
Harga V Belt Nouvo : Rp. 63.000
Harga V Belt Xeon : Rp. 73.000
Harga V Beat NMAX : Rp. 120.000
Harga V Belt PCX : Rp. 200.000
Harga V Belt Vario : Rp. 130.000

Untuk Harga Motor Matic anda bisa lihat:
- Harga Honda BeAt
- Harga Honda PCX
- Harga Motor Yamaha
- Harga Yamaha NMax

Harga diatas belum termasuk pemasangan. Untuk jasa pemasangan di tiap bengkel baik bengkel resmi atau bengkel biasa harganya bervariatif. Jangan lupa lakukan pengecekan secara berkala agar motor tidak mogok di tengah jalan dan menggangu perjalanan anda. Demikian mengenai seputar V-Belt dan Harga V-Belt untuk motor Matic. Salam.


Posting Komentar untuk "Harga V Belt Motor Matic Terbaru dan Tanda-tanda Penggantian"