Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EVERCOSS "CROSS" AT1G VS TABULET TROY DUOS 3G Cross Kalah Telak. Meski Satu Kelas

        

       Handphone baru Teknologi nyaris sama, Evercoss AT1G dan TabuletTroy Duos 3G bersaing menjadi tablet lokal terbaik di kisaran 1 jutaan. Namun salah satunya hams mengakui keunggulan "lawannya"
Scan Image 2013-11-07 18-55-34Scan Image 2013-11-07 18-56-00
"Terlambat" satu kata tersebut layak terucap, saat mengetahui kabar Cross akhirnya resmi mengeluarkan perangkat tablet seri AT1G. Langkah Cross yang kini bertranformasi menjadi Evercoss memang telat, pasalnya sudah banyak vendor lokal membuat perangkat tablet. Bekerja dengan OS Android Jelly Bean serta didukung prosesor dual core, AT1G coba bersaing di kisaran 1 jutaan. Sepintas amunisi AT1G cukup mumpuni. Tapi jika di adu langsung dengan tablet lain di rentang 1 jutaan, belum tentu performa AT1G memuaskan. Untuk membuktikannya, redaksi HandPHONE mengadu performa Evercoss AT1G dengan Tabulet Troy Duos 3G. Bagaimana hasil pertarungan tablet Jelly Bean 1 jutaan ini?
Scan Image 2013-11-07 19-00-37
Sejatinya Evercoss AT1G punya desain unibodi. Tapi ada sedikit erbedaan pada desain unibodi AT1G dibanding tablet lain erkonsep sama. Perbedaan terletak pada penempatan slot, ika biasa slot SIM card berada di area sisi, di AT1G semua slot erletak di bagian bawah dan terlindung oleh penutup. Secara eseluruhan AT1G punya total dimensi 188 x 108 x 10 mm dengan 340 gram. Sementara itu Tabulet Troy Duos 3G tampil dengan desain elegan, juga berkonsep unibodi. Bodi Troy Duos 3G menggunakan material padat, sehingga tampilannya terlihat begitu premium. Sepintas tampilan Troy Duos 3G tidak kalah keren dengan tablet global buatan Korea. Tabulet Troy Duos 3G memiliki dimensi 190 x 120 x 11 mm dan berat 336 gram. Saat dibawa berakvitas, tangan ini terbilang nyaman saat menggenggam Troy Duos 3G. Bahkan tangan tidak cepat lelah ' menggenggam tablet ini dalam jangka waktu cukup Dan seqi desain, secara umum rancang bangun kedua ' yang bersaing tampilannya tidak berbeda jauh . Nampak lebih premium dan lebih RIngan bobotnya.
Fakta
AT1G dibekali layar 7 inci. Ukuran layar tersebut sudah pas dan standar produk tablet pada umumnya. Berdasarkan spesifikasi j yang diterima, layar AT1G menggunakan tipe TFT capacitive. Ketika dieksplorasi, tampilan layar tergolong biasa saja. Gambar yang tersaji tidak terlihat tajam. Menurut data yang tercantum dalam buku panduan, layar tersebut punya kerapatan hingga 1024 x 600 pixel. Sementara itu ketika coba diakses, respon layar terhadap sentuhan tergolong standar. Beralih ke layar Tabulet. Seperti lawannya, Troy Duos 3G juga punya layar berdiagonal 7 inci. Layamya menggunakan teknologi TFT capacitive dengan resolusi 1024x600 pixel. Sayang pihak vendor tidak menyebutkan berapa kedalaman warna layar milik Troy Duos 3G. Selama proses pengujian, tampilan layar saat di dalam ruangan cukup cerah. Namun saat dibawa beraktivitas di luar ruangan, tampilan layar tidak tajam. Sementara itu respon layar saat diakses cukup baik. Merujuk dari spesifikasi serta kinerja, selama proses ujicoba, imbang menjadi hasil yang adil untuk menggambarkan persaingan antara AT1G dan Troy Dous 3G di bagian layar.
OS DAN DAPUR PACU EvercossATIG:
My Bean, Dual Core 1 Ghz
Tabulet Troy Duos 36:
Jelly Bean, Dual Core 1.2 Ghz
Fakta
Software yang ditanamkan ke Evercoss AT1G sudah menggunakan Android 4.1 My Bean dan didukung prosesor dual core dengan kecepatan 1 Ghz plus tambahan RAM 512MB. Secara umum spesifikasi software dan hardware sudah lumayan baik. Saat diuji, performa tatAet ini gesit ketika membuka fitur tidak secara multitasking. Akan tetapi kinerja akan langsung melambat jika user memaksa membuka beberapa fitur dalam waktu bersamaan. Di sisi lain Tabulet Troy Duos 3G juga tidak kalah dengan menggunakan platform Android Jelly 4.1 Jelly Bean. Untuk mendukung performanya, OS tersebut berkolaborasi dengan prosesor dual core Cortex A9 1.2 Ghz dan dukungan RAM 512MB. Berdasarkan hasil pengujian, tablet ini punya kinerja yang cukup memuaskan termasuk menjalankan aplikasi secara multitasking, performanya tetap stabil. Sepintas kinerja kedua tablet ini tidak jauh berbeda. Namun saat diuji lebih detail, Tabulet dengan prosesor 1.2 Ghz punya performa lebih gesit dan stabil dibanding Evercoss yang bertumpu pada prosesor 1 Ghz. Pemenang: Tabulet Trey Duos 3G
HIBURAN
EvercossATIG: Tabulet Troy Duos 3G:
Pemutar musik/FM radio Pemutar musik/FM radio, TV
Analog
Fakta
Evercoss AT1G memiliki pemutar musik standar Android. Saat mendengarkan lagu tanpa bantuan headset, kualitas audio terdengar biasa saja. Sementara itu audio akan terdengar cempreng jika volume diatur pada posisi maksimal. Sama sekali tidak nyaman di telinga. Sebagai fitur musik tambahan terdapat FM radio. Seperti biasa untuk menikmati radio harus terlebih dahulu menancapkan headset. Tidak berbedajauh dengan lawanoya, fasilitas musik juga tidak lupin tertanam di Tabulet Troy Duos 3G. Kualitas audio Tabulet Troy Duos 3G tergolong biasa sa\a. Terkait menu audio, tablet ini juga disematkan FM radio. Perbedaannya adalah untuk mengaktifkan radio, kita tidak perlu menancapkan headset, karena tablet ini telah dibekali built in antena. Tidak berhenti sampai disitu, menu hiburan Troy Duos 3G semakin lengkap dengan tambahan TV analog. Fitur TV analog, menjadi salah satu menu andalan Troy Duos 3G, dibanding tablet lokal lain yang ada di pasaran, termasuk dengan Evercoss AT1G. Tanpa banyak basa-basi, nampak jelas Evercoss kalah jauh di menu ini. Pemenang: Tabulet Troy Dues 3G.
image
Fakta
Untuk pengabadian gambar, AT1G didukung fitur dual kamera. Untuk lensa utama punya sensor 3MP, sedangkan kamera pendukung 1.3MP. Tambahan lampu flash sangat membantu, iika mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya. Terkait fasilitas rekam video, kamera m* ati g bisa bertranformasi.
menjadi video recorder. Kualitas gambar videonya setingkat VGA. Seperti kompetitornya, Troy Duos 3G sudah dipersenjatai dual kamera. Troy Duos 3G dilengkapi kemera utama 2MP plus lensa pendukung dengan sensor VGA. Untuk mengambil gambar pada kondisi minim cahaya, terdapat lampu flash. Kamera di tablet ini dilengkapi fitur multishot dapat mengambil foto hingga 16 capture sekaligus. Kamera tersebut juga bisa merekam video berkualitas VGA. Selama proses uji, ketika mengambil foto dengan seting normal, respon kamera milik AT1G dan Troy Duos 3G sama gesitnya. Berbicara kualitas, walau ada sedikit selisih ukuran lensa, ternyata hasil bidikan kedua tablet ini sama baiknya.
APLIKASI
Evercoss AT1G: Menu Online
Tabulet Troy Duos 3G:
Menu online, game
Fakta
Selain musik, praktis Evercoss AT1G hanya bertumpu pada berapa aplikasi online sebagai media hiburan. Dalam paket pembelian terdapat aplikasi jejaring sosial seperti Facebook. Sementara untuk game, tidak ada aplikasi permainan yang langsung terinstal saat pertama kali membeli Evercoss ini. Minimnya aplikasi game maupun jejaring sosial yang tertanam di AT1G cukup disayangkan, meskipun kita bisa menambahkan sendiri dengan mengunduh di play store, namun hal itu tetap saja merepotkan. Beralih ke Tabulet Troy Duos 3G. Bagi pencinta game, di tablet ini sudah ada beberapa permainan yang sudah terunduh langsung dalam paket pembelian, seperti Fruit Ninja, Infinite Sky, dan Angry Birds. Sedangkan aplikasi jejaring sosial, sudah ada Facebook. Untuk keberadaan aplikasi game dan jejaring sosial, evercoss kalah satu kelas dibanding Troy.
Scan Image 2013-11-07 19-42-32
handphone baru cross



























Posting Komentar untuk "EVERCOSS "CROSS" AT1G VS TABULET TROY DUOS 3G Cross Kalah Telak. Meski Satu Kelas"